This is default featured slide 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

Rabu, 19 Maret 2014

SOAL UN PRODUKTIF TKR

Dalam rangka menghadapi Ujian Sekolah dan Ujian Nasional 2013/2014 pada kesempatan ini kami telah mem-posting latihan soal ujian nasional. Latihan ini diharapkan bisa membantu siswa dalam untuk melatih diri mengerjakan soal sehingga mereka siap untuk menghadapi UN 2013/2014.
Anda bisa mendownload latihan
1. Soal UN tahun 2008-2009 disini !!!
2. Soal UN tahun 2009-2010 disini !!!

Senin, 06 Januari 2014

TUTORIAL MERANGKAI SISTEM KELISTRIKAN BODY PADA MOBIL

Tutorial ini berisikan :
1. Membuat rangkaian klakson
2. Membuat rangkaian sistem tanda belok
3. Membuat rangkaian hazard
4. Membuat rangkaian lampu kota
5. Membuat rangkaian lampu kepala
6. Membuat rangkaian lampu rem
7. Membuat rangkaian wiper dan washer
Tutorial ini saya buat dengan maksud memberikan materi kepada siswa kami kelas XI TKR semester 2 SMK Negeri 2 Sukoharjo untuk membekali mereka yang sedang melaksanakan prakerin.
Sehingga materi ini bisa diakses oleh peserta didik dimanapun mereka berada.
Materi ini juga diharapkan bisa membantu mereka yang ingin belajar tentang sistem kelistrikan body.
Tutorial ini kami sajikan dalam bentuk power point show anda tinggal klik pada judul maka akan terhubung dengan materi yang dimaksud.
Anda bisa mendapatkan materi ini silahkan download disini !!!!


Minggu, 13 Oktober 2013

MENGISI REFRIGERANT/ZAT PENDINGIN

Mengisi refrigerant ke dalam sistem AC akan dilakukan sebelumnya sistem AC :
1. Tidak ada sistem yang bocor.
2. Telah dilakukan vacum sehingga benar-benar yakin bahwa di dalam sistem AC tidak udara atau kotoran  
     yang bisa mengkontaminasi zat pendingin.
Mengisi zat pendingin ke dalam sistem AC menggunakan cara :
1. Melalui sisi tekanan tinggi
    Zat pendingin dimasukkan ke dalam sistem dalam bentuk cair (tabung di balik) dengan engine mati.
2. Melalui sisi tekanan rendah.
    Zat pendingin dimasukkan ke dalam sistem dalam bentuk gas (tabung tidak dibalik) dengan kondisi    
    engine hidup.

Untuk lebih detail cara mengisi refrigerant/zat pendingin ke dalam sistem AC perhatikan tayangan video dengan alamat link di bawah ini :
http://www.youtube.com/watch?v=95RdGLFIbL8


Jumat, 11 Oktober 2013

VIDEO MEMERIKSA MOTOR STARTER TANPA BEBAN

Motor starter kemampuannya harus di uji dengan tes kemampuan tanpa beban.
Untuk menguji motor starter perhatikan gambar di bawah ini :

Pada pengujian ini kita harus merujuk pada buku pedoman servis.
Untuk motor starter 60 kw
Saat pengujian arus yang mengalir tidak boleh lebih besar dari 55 A pada tegangan 11 volt.
Ampere yang besar menunjukkan motor starter bekerja berat maka perbaiki motor starter.



Untuk lebih jelasnya silahkan lihat video melalui link alamat  ini  http://www.youtube.com/watch?v=B9PjkSsKxSY 

Untuk memperbaki komponen motor starter anda dapat lihat pada link alamat ini http://www.youtube.com/watch?v=9EHQJDhxZc0

Kamis, 10 Januari 2013

VIDEO PEMBELAJARAN SISTEM AC BAGIAN 1

Video pembelajaran ini dibuat oleh Suharyadi, S.Pd staff pengajar SMK Negeri 2 Sukoharjo dalam rangka penilaian kerja guru sesuai dengan permenpan reformasi & reformasi no 16 tahun 2009 yang telah diberlakukan pada 1 januari 2013. Sehingga kami bergegas untuk menyiapkan segala sesuatunya dalam rangka PKG dan PKB. Video ini adalah salah satu bentuk PKB ( Pengembangan Keprofesionalan Berkelanjutan ) dalam bentuk kegiatan karya inovasi dalam pembelajaran. Karya inovasi ini diharapkan apa yang telah dibuat  oleh guru akan bermanfaat dalam kegiatan pembelajaran sehingga efektifitas kegiatan pembelajaran bisa tercapai.
Bapak dan ibu guru SMK Kompetensi Keahlian Teknik Otomotif yang mengajar Standar Kompetensi Memelihara/Servis Sistem Pendingin AC dapat menggunakan video ini untuk membantu kegiatan pembelajaran panjenengan.

Video ini ada 2 bagian :

Video bagian 1
Bagian 1 berisi tentang komponen ac dan sistem kelistrikan ac




Minggu, 04 Desember 2011

TUGAS REMIDI SISTEM PENGAPIAN

KERJAKAN TUGAS INI DAN KUMPULKAN PADA HARI  KAMIS, 8 DESEMBER 2011
KEPADA BAPAK SUHARYADI ATAU VIA EMAIL KE   munaharyadi@yahoo.co.id   jika Anda mengirim ke email jangan lupa memberikan tanda indentitas diri yang meliputi : nama, kelas, kompetensi keahlian dan no absensi.

UJI KOMPETENSI AKHIR SEMESTER
PAKET 1.
A.             Soal Pilihan Ganda.
Pilihlah jawaban yang paling benar dengan memberikan tanda silang pada  huruf A,B,C,D atau E !
1.         Pada sistem pengapian konvensional baterai lamanya arus primer dikontrol oleh .....
a.               kapasitas kondensor
b.               sudut dwell
c.               celah busi
d.               timing ignition / saat pengapian.
e.               Jumlah rasio kumparan primer dan sekunder.
2.      Pada sistem pengapian konvensional sudut dwell terlalalu besar maka arus primer yang mengalir pada kumparan  primer coil pengapian ......
a.               Besar
b.               Kecil
c.               Tidak berpengaruh terhadap aliran arus primer.
d.               Lemah
e.               Semua jawaban benar.
3.        Berdasarkan hasil pemeriksaan besarnya sudut  dwell  motor 4 tak 4 silinder 36 o maka untuk menepatkan  sudut dwell langkah yang dilakukan adalah ...
a.               Menyetel saat pengapian
b.               Mengganti kondenser.
c.               Menyetel celah platina  kearah menyempit.
d.               Menyetel platina ke arah melebar.
e.               Menyetel stasioner mesin.
4.         Perhatikan gambar wiring sistem pengapian konvensional dengan coil yang dilengkapi dengan internal ballast resistor !

Kunci kontak ST1 dan ST2 disambungkan ke terminal coil pengapian .......
a.               ST1 à + coil pengapian dan ST2   à  terminal tegangan tinggi.
b.               ST1  à + coil pengapian dan ST2  à terminal B coil pengapian.
c.               ST1  à - coil pengapian dan ST2  à terminal + coil pengapian.
d.               STI  à terminal motor starter dan ST2   à terminal + coil pengapian.
e.               ST1  à terminal B coil pengapian dan ST2   à motor starter..
5.       Pada sistem pengapian yang dilengkapi dengan  ballast internal resistor  untuk mencegah terjadinya turun tegangan pengapian pada saat mesin distarter maka  langkah yang ditempuh adalah ...
a.               Mengganti kondensor dengan kapasitas yang lebih besar.
b.               Menyetel saat pengapian lebih maju.
c.               Membuat jalur singkat / by pas antara terminal ST2 dengan terminal B coil pengapian.
d.               Membuat jalur singkat / by pas antara terminal ST2 dengan terminal + coil pengapian.
e.               Jawaban a dan d benar.
6.               Komponen  sistem pengapian yang berfungsi untuk menghantar tegangan tinggi  dari kabel tegangan tinggi ke terminal  tutup distributor adalah ...
a.               Rotor dan  batang karbon
b.               Bilah rotor dan batang karbon.
c.               Distributor
d.               Rotor dan terminal tegangan tinggi.
e.               Rotor dan generator pembangkit sinyal.
7.       Celah antara ujung depan rotor dengan terminal tutup distributor adalah …
a.       0,3 – 0,4 mm
b.       0,6 – 0,7 mm
c.       0,7 – 0,8 mm
d.       0,1 – 0,2 mm
e.       0,3 – 0,8 mm
8.          Menurut hasil data pemeriksaan sudut dwell   penunjukan jarum pointer dwell tester goyang – goyang hal ini kemungkinan penyebabnya adalah ...
a.               Pegas platina terlalu lemah.
b.               As distributor kocak / aus.
c.               Beaker plate macet.
d.               Centrigugal advancer macer.
e.               Pegas centrifugal advance patah.
9.          Keausan pada kontak poin yang tidak rata disebabkan oleh  ....
a.               Pemakaian kondensor yang tidak tepat
b.               Sudut dwell terlalu besar.
c.               Sudut dwell terlalu kecil.
d.               Gap platina yang terlalu rapat.
e.               Gap platina terlalu longgar.
10.    Perhatikan gambar di bawah ini !

Pada gambar grafik pembakaran grafik a menunjukkan ….
a.               Saat pengapian terlalu maju.
b.               Saat pengapian tepat.
c.               Saat pengan terlalu mundur
d.               Saat pengapian VOOR.
e.               Jawaban a dan d benar.

11.    Perhatikan gambar dibawah ini !

Berdasarkan gambar diatas  kode apa nama komponen gambar nomor  6 berfungsi ...
a.               Membangkitkan sinyal tegangan.
b.               Memutus dan menyambung arus primer.
c.               Mengontrol sudut dwell.
d.               Mengajukan saat pengapian.
e.               Membangkitkan medan magnet.
12.    Berdasarkan soal nomer 11 apa fungsi komponen yang ditunjukkan pada gambar kode nomer 7 ....
a.               Membangkitkan medan magnet
b.               Mengubah tegangan tinggi menjadi loncatan bunga api untuk membakar campuran udara dan bahan bakar.
c.               Memutus dan menyambung arus primer yang mengalir ke kumparan primer coil pengapian.
d.               Memperbesar tegangan pada kumparan sekunder.
e.               Mengatur besarnya arus primer yang mengalir pada coil pengapian
13.     Perhatikan gambar di bawah ini !

Berdasarkan gambar diatas apa fungsi komponen nomer 1 ...
a.               Memperkuat medan magnet pada IC hall.
b.               Menghalangi medan magnet yang menerobos ke IC hall.
c.               Membangkitkan sinyal tegangan.
d.               Menghantarkan medan magnet ke IC hall.
e.               Semua jawaban benar.
14.   Perhatikan gambar di bawah ini !

Apa nama  mekanisme pengajuan saat pengapian  berdasarkan gambar diatas ....
a.               Vacuum advance
b.               Centrifugal advance.
c.               governor advance
d.               diagfragma advance.
e.               Jawaban b dan c benar.
15.         Alat tersebut bekerja berdasarkan ....
a.               Gaya pneumatik
b.               Gaya centrifugal
c.               Kevakuman
d.               Impul dan momentum
e.               Gaya gesek.
16.   Berdasarkan gambar diatas apa nama komponen  yang ditunjukkan pada kode nomer  2 dan 5...
a.               Bandul centrifugal dan  sinyal rotor.
b.               Pegas dan  bandul centrifugal.
c.               Nok dan pegas
d.               Nok dan driving plate
e.               Driving plate dan bandul centrifugal.
17.    Apa fungsi komponen nomer 5 ....
a.               Menggeser sinyal rotor berlawanan arah putaran rotor sehingga  saat pengapian menjadi maju.
b.               Menggeser sinyal rotor berlawanan arah putaran rotor sehingga  saat pengapian menjadi mundur.
c.               Mengganngu keseimbangan medan magnet pada pick – up coil.
d.               Menggeser sinyal rotor berlawanan  putaran rotor sehingga  saat pengapian menjadi maju.
e.               Tidak ada jawaban yang benar.



18.  Gambar di bawah ini yang menunjukkan vacuum bekerja pada posisi throtle valve yang ditunjukkan pada gambar ...

a.       Posisi 1
b.       Posisi 2
c.       Posisi 3
d.       Posisi 1 dan 2
e.       Posisi 2 dan 3
19.   Sistem pengapian elektronik yang menggunakan sensor optic menggunakan sensor ….
a.       cahaya
b.       magnet
c.       panas
d.       tekanan
e.       Jawaban a dan c benar.
20. Elektroda-elektroda terbakar, pada permukaan isolator menempel partikel-partikel yang mengkilat, isolator berwarna putih dan kuning, penyebabnnya :
a.       Campuran bahan bakar terlalu kurus.
b.       Kualitas bensin terlalu rendah.
c.       Saat pengapian terlalu awal.
d.       Jenis busi terlalu panas.
e.       Semua jawaban benar.
21. Berdasarkan hasil pemeriksaan kondisi sistem bahan bakar, tekanan kompresi , sistem starter dalam kondisi baik. Gangguan yang terjadi diakibatkan oleh sistem pengapian. Pada saat pengujian loncatan bunga api tidak ada loncatan bunga api pada kabell tegangan tinggi berdasarkan kondisi gangguan tersebut kemungkinan penyebabnya adalah sebagai berikut kecuali …
a.       Fuse untuk pengapian putus.
b.       Kontak poin platina tidak bisa menutup.
c.       Kabel posisif platina terhubung singkat dengan massa.
d.       Kunci kontak terminal B dan IG tidak tersambung dengan baik pada saat kunci di ON-kan.
e.       Kapasitas kondensor terlalu besar.
22. Pada pemeriksaan sistem pengapian dengan menggunakan timing light pada saat putaran mesin stasioner sudah  terjadi pengajuan pengapian kemungkinan penyebabnya adalah ….
a.       Pin centrifugal advance macet.
b.       Pegas governor advance lemah.
c.       Tumit ebonit aus.
d.       Breaker plate macet.
e.       Nok distributor aus.
23. Sistem pengapian saat pengapiannya  terjadi pada   5 0  BTDC. Pada saat pemeriksaan terlihat gambar di bawah ini . Berarti saat pengapian tersebut ….

a.       Tepat
b.       Terlalu maju
c.       Terlalu mundur
d.       Voor
e.       Naa
24.Pada pemeriksaan sistem pengapian dengan menggunakan timing light pada saat putaran mesin dinaikkan sampai 3000 rpm tidak terjadi pengajuan pengapian kemungkinan penyebabnya adalah ….
a.       Pin centrifugal advance macet.
b.       As distributor aus.
c.       Tumit ebonit aus.
d.       Breaker plate macet.
e.       Nok distributor aus.
25.  Pada saat memeriksa saat pengapian harus dipenuhi syarat – syarat sebagai berikut …
a.       Putaran mesin stasioner.
b.       Sudut dwell sesuai spesifikasi.
c.       Suhu kerja mesin harus terpenuhi.
d.       Celah platina sesuai dengan speisifikasi.
e.       Jawaban semua benar.

B.      Essay
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan jelas !
1.               Jelaskan tujuan system pengapian pada kendaraan ?
2.               Gambarkan rangkaian system pengapian konvensional ?
3.               Jelaskan fungsi setiap komponen system pengapian berikut !
    a.               Coil Pengapian
     b.               Distributor
    c.               Kondensor 
    d.               Busi
4.               Jelaskan aliran tegangan tinggi  pada rangkaian sekunder !
5.               Jelaskan mengapa sudut dwell yang tepat penting untuk mendapatkan pengapian yang baik!
6.               Jelaskan keuntungan system pengapian elektronik !
7.         Jelaskan cara kerja system pengapian elektronik berdasarkan gambar di bawah ini !


8.       Jelaskan cara memeriksa saat pengapian / timing ignition !
9.      Apa keuntungan system pengapian DLI ( Distributor Less Ignition ) dibanding        system         pengapian elektronik konvensional ( masih memakai distributor ) !
10. Jelaskan cara memeriksaa saat pengapian sistem pengapian elektronik  ESA ( Electronic Spark Advance ) !





SISTEM PENGAPIAN ELEKTRONIK

SISTEM PENGAPIAN ELEKTRONIK SISTEM PENGAPIAN ELEKTRONIK Dalam rangka untuk mencapai emisi gas buang yang distandarkan oleh badan...