Minggu, 04 Desember 2011

TUGAS REMIDI SISTEM PENGAPIAN

KERJAKAN TUGAS INI DAN KUMPULKAN PADA HARI  KAMIS, 8 DESEMBER 2011
KEPADA BAPAK SUHARYADI ATAU VIA EMAIL KE   munaharyadi@yahoo.co.id   jika Anda mengirim ke email jangan lupa memberikan tanda indentitas diri yang meliputi : nama, kelas, kompetensi keahlian dan no absensi.

UJI KOMPETENSI AKHIR SEMESTER
PAKET 1.
A.             Soal Pilihan Ganda.
Pilihlah jawaban yang paling benar dengan memberikan tanda silang pada  huruf A,B,C,D atau E !
1.         Pada sistem pengapian konvensional baterai lamanya arus primer dikontrol oleh .....
a.               kapasitas kondensor
b.               sudut dwell
c.               celah busi
d.               timing ignition / saat pengapian.
e.               Jumlah rasio kumparan primer dan sekunder.
2.      Pada sistem pengapian konvensional sudut dwell terlalalu besar maka arus primer yang mengalir pada kumparan  primer coil pengapian ......
a.               Besar
b.               Kecil
c.               Tidak berpengaruh terhadap aliran arus primer.
d.               Lemah
e.               Semua jawaban benar.
3.        Berdasarkan hasil pemeriksaan besarnya sudut  dwell  motor 4 tak 4 silinder 36 o maka untuk menepatkan  sudut dwell langkah yang dilakukan adalah ...
a.               Menyetel saat pengapian
b.               Mengganti kondenser.
c.               Menyetel celah platina  kearah menyempit.
d.               Menyetel platina ke arah melebar.
e.               Menyetel stasioner mesin.
4.         Perhatikan gambar wiring sistem pengapian konvensional dengan coil yang dilengkapi dengan internal ballast resistor !

Kunci kontak ST1 dan ST2 disambungkan ke terminal coil pengapian .......
a.               ST1 à + coil pengapian dan ST2   à  terminal tegangan tinggi.
b.               ST1  à + coil pengapian dan ST2  à terminal B coil pengapian.
c.               ST1  à - coil pengapian dan ST2  à terminal + coil pengapian.
d.               STI  à terminal motor starter dan ST2   à terminal + coil pengapian.
e.               ST1  à terminal B coil pengapian dan ST2   à motor starter..
5.       Pada sistem pengapian yang dilengkapi dengan  ballast internal resistor  untuk mencegah terjadinya turun tegangan pengapian pada saat mesin distarter maka  langkah yang ditempuh adalah ...
a.               Mengganti kondensor dengan kapasitas yang lebih besar.
b.               Menyetel saat pengapian lebih maju.
c.               Membuat jalur singkat / by pas antara terminal ST2 dengan terminal B coil pengapian.
d.               Membuat jalur singkat / by pas antara terminal ST2 dengan terminal + coil pengapian.
e.               Jawaban a dan d benar.
6.               Komponen  sistem pengapian yang berfungsi untuk menghantar tegangan tinggi  dari kabel tegangan tinggi ke terminal  tutup distributor adalah ...
a.               Rotor dan  batang karbon
b.               Bilah rotor dan batang karbon.
c.               Distributor
d.               Rotor dan terminal tegangan tinggi.
e.               Rotor dan generator pembangkit sinyal.
7.       Celah antara ujung depan rotor dengan terminal tutup distributor adalah …
a.       0,3 – 0,4 mm
b.       0,6 – 0,7 mm
c.       0,7 – 0,8 mm
d.       0,1 – 0,2 mm
e.       0,3 – 0,8 mm
8.          Menurut hasil data pemeriksaan sudut dwell   penunjukan jarum pointer dwell tester goyang – goyang hal ini kemungkinan penyebabnya adalah ...
a.               Pegas platina terlalu lemah.
b.               As distributor kocak / aus.
c.               Beaker plate macet.
d.               Centrigugal advancer macer.
e.               Pegas centrifugal advance patah.
9.          Keausan pada kontak poin yang tidak rata disebabkan oleh  ....
a.               Pemakaian kondensor yang tidak tepat
b.               Sudut dwell terlalu besar.
c.               Sudut dwell terlalu kecil.
d.               Gap platina yang terlalu rapat.
e.               Gap platina terlalu longgar.
10.    Perhatikan gambar di bawah ini !

Pada gambar grafik pembakaran grafik a menunjukkan ….
a.               Saat pengapian terlalu maju.
b.               Saat pengapian tepat.
c.               Saat pengan terlalu mundur
d.               Saat pengapian VOOR.
e.               Jawaban a dan d benar.

11.    Perhatikan gambar dibawah ini !

Berdasarkan gambar diatas  kode apa nama komponen gambar nomor  6 berfungsi ...
a.               Membangkitkan sinyal tegangan.
b.               Memutus dan menyambung arus primer.
c.               Mengontrol sudut dwell.
d.               Mengajukan saat pengapian.
e.               Membangkitkan medan magnet.
12.    Berdasarkan soal nomer 11 apa fungsi komponen yang ditunjukkan pada gambar kode nomer 7 ....
a.               Membangkitkan medan magnet
b.               Mengubah tegangan tinggi menjadi loncatan bunga api untuk membakar campuran udara dan bahan bakar.
c.               Memutus dan menyambung arus primer yang mengalir ke kumparan primer coil pengapian.
d.               Memperbesar tegangan pada kumparan sekunder.
e.               Mengatur besarnya arus primer yang mengalir pada coil pengapian
13.     Perhatikan gambar di bawah ini !

Berdasarkan gambar diatas apa fungsi komponen nomer 1 ...
a.               Memperkuat medan magnet pada IC hall.
b.               Menghalangi medan magnet yang menerobos ke IC hall.
c.               Membangkitkan sinyal tegangan.
d.               Menghantarkan medan magnet ke IC hall.
e.               Semua jawaban benar.
14.   Perhatikan gambar di bawah ini !

Apa nama  mekanisme pengajuan saat pengapian  berdasarkan gambar diatas ....
a.               Vacuum advance
b.               Centrifugal advance.
c.               governor advance
d.               diagfragma advance.
e.               Jawaban b dan c benar.
15.         Alat tersebut bekerja berdasarkan ....
a.               Gaya pneumatik
b.               Gaya centrifugal
c.               Kevakuman
d.               Impul dan momentum
e.               Gaya gesek.
16.   Berdasarkan gambar diatas apa nama komponen  yang ditunjukkan pada kode nomer  2 dan 5...
a.               Bandul centrifugal dan  sinyal rotor.
b.               Pegas dan  bandul centrifugal.
c.               Nok dan pegas
d.               Nok dan driving plate
e.               Driving plate dan bandul centrifugal.
17.    Apa fungsi komponen nomer 5 ....
a.               Menggeser sinyal rotor berlawanan arah putaran rotor sehingga  saat pengapian menjadi maju.
b.               Menggeser sinyal rotor berlawanan arah putaran rotor sehingga  saat pengapian menjadi mundur.
c.               Mengganngu keseimbangan medan magnet pada pick – up coil.
d.               Menggeser sinyal rotor berlawanan  putaran rotor sehingga  saat pengapian menjadi maju.
e.               Tidak ada jawaban yang benar.



18.  Gambar di bawah ini yang menunjukkan vacuum bekerja pada posisi throtle valve yang ditunjukkan pada gambar ...

a.       Posisi 1
b.       Posisi 2
c.       Posisi 3
d.       Posisi 1 dan 2
e.       Posisi 2 dan 3
19.   Sistem pengapian elektronik yang menggunakan sensor optic menggunakan sensor ….
a.       cahaya
b.       magnet
c.       panas
d.       tekanan
e.       Jawaban a dan c benar.
20. Elektroda-elektroda terbakar, pada permukaan isolator menempel partikel-partikel yang mengkilat, isolator berwarna putih dan kuning, penyebabnnya :
a.       Campuran bahan bakar terlalu kurus.
b.       Kualitas bensin terlalu rendah.
c.       Saat pengapian terlalu awal.
d.       Jenis busi terlalu panas.
e.       Semua jawaban benar.
21. Berdasarkan hasil pemeriksaan kondisi sistem bahan bakar, tekanan kompresi , sistem starter dalam kondisi baik. Gangguan yang terjadi diakibatkan oleh sistem pengapian. Pada saat pengujian loncatan bunga api tidak ada loncatan bunga api pada kabell tegangan tinggi berdasarkan kondisi gangguan tersebut kemungkinan penyebabnya adalah sebagai berikut kecuali …
a.       Fuse untuk pengapian putus.
b.       Kontak poin platina tidak bisa menutup.
c.       Kabel posisif platina terhubung singkat dengan massa.
d.       Kunci kontak terminal B dan IG tidak tersambung dengan baik pada saat kunci di ON-kan.
e.       Kapasitas kondensor terlalu besar.
22. Pada pemeriksaan sistem pengapian dengan menggunakan timing light pada saat putaran mesin stasioner sudah  terjadi pengajuan pengapian kemungkinan penyebabnya adalah ….
a.       Pin centrifugal advance macet.
b.       Pegas governor advance lemah.
c.       Tumit ebonit aus.
d.       Breaker plate macet.
e.       Nok distributor aus.
23. Sistem pengapian saat pengapiannya  terjadi pada   5 0  BTDC. Pada saat pemeriksaan terlihat gambar di bawah ini . Berarti saat pengapian tersebut ….

a.       Tepat
b.       Terlalu maju
c.       Terlalu mundur
d.       Voor
e.       Naa
24.Pada pemeriksaan sistem pengapian dengan menggunakan timing light pada saat putaran mesin dinaikkan sampai 3000 rpm tidak terjadi pengajuan pengapian kemungkinan penyebabnya adalah ….
a.       Pin centrifugal advance macet.
b.       As distributor aus.
c.       Tumit ebonit aus.
d.       Breaker plate macet.
e.       Nok distributor aus.
25.  Pada saat memeriksa saat pengapian harus dipenuhi syarat – syarat sebagai berikut …
a.       Putaran mesin stasioner.
b.       Sudut dwell sesuai spesifikasi.
c.       Suhu kerja mesin harus terpenuhi.
d.       Celah platina sesuai dengan speisifikasi.
e.       Jawaban semua benar.

B.      Essay
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan jelas !
1.               Jelaskan tujuan system pengapian pada kendaraan ?
2.               Gambarkan rangkaian system pengapian konvensional ?
3.               Jelaskan fungsi setiap komponen system pengapian berikut !
    a.               Coil Pengapian
     b.               Distributor
    c.               Kondensor 
    d.               Busi
4.               Jelaskan aliran tegangan tinggi  pada rangkaian sekunder !
5.               Jelaskan mengapa sudut dwell yang tepat penting untuk mendapatkan pengapian yang baik!
6.               Jelaskan keuntungan system pengapian elektronik !
7.         Jelaskan cara kerja system pengapian elektronik berdasarkan gambar di bawah ini !


8.       Jelaskan cara memeriksa saat pengapian / timing ignition !
9.      Apa keuntungan system pengapian DLI ( Distributor Less Ignition ) dibanding        system         pengapian elektronik konvensional ( masih memakai distributor ) !
10. Jelaskan cara memeriksaa saat pengapian sistem pengapian elektronik  ESA ( Electronic Spark Advance ) !





4 komentar:

SISTEM PENGAPIAN ELEKTRONIK

SISTEM PENGAPIAN ELEKTRONIK SISTEM PENGAPIAN ELEKTRONIK Dalam rangka untuk mencapai emisi gas buang yang distandarkan oleh badan...